Mewujudkan sekolah unggul yang menghasilkan peserta didik berakhlak mulia, nasionalis, berpikir kritis, kreatif, dan peduli lingkungan.

  1. Menanamkan keyakinan melalui kegiatan keagamaan dan tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.

  2. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis Pembelajaran Mendalam yang mengembangkan kompetensi abad 21, seperti kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan pemecahan masalah, dengan pendekatan berbasis proyek dan interdisipliner.

  3. Mengintegrasikan nilai-nilai Adiwiyata dalam kurikulum dan kegiatan sekolah untuk membentuk sikap peduli lingkungan, hemat sumber daya, dan berkelanjutan.​

  4. Menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, inklusif, dan ramah lingkungan untuk mendukung pengembangan intelektual, emosional, dan sosial siswa.

  5. Melibatkan warga sekolah dan masyarakat sekitar dalam program pelestarian lingkungan, seperti pengelolaan sampah, penghijauan, dan konservasi energi.

  6. Memberdayakan guru melalui pelatihan untuk mengintegrasikan Pembelajaran Mendalam dan prinsip Adiwiyata dalam proses pengajaran yang efektif dan menyenangkan.

  7. Melaksanakan program peningkatan prestasi melalui kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.

Akademik dan Pembelajaran Mendalam

  1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai konsep secara mendalam melalui pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan isu lingkungan dan kehidupan sehari-hari.

  2. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif melalui kegiatan yang menantang siswa untuk memecahkan masalah nyata, seperti pengelolaan limbah sekolah.

  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik unggul dan karakter kuat yang berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.

Adiwiyata dan Keberlanjutan

  1. Menerapkan praktik ramah lingkungan di sekolah, seperti program 3R (Reduce, Reuse, Recycle), konservasi air, dan penggunaan energi terbarukan.

  2. Meningkatkan kesadaran lingkungan siswa melalui kegiatan praktis, seperti penanaman pohon, pengelolaan kebun sekolah, dan kampanye hemat energi.

  3. Menjadikan SDN Gandaria Utara 03 sebagai model Sekolah Adiwiyata yang menginspirasi komunitas sekitar untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan.

Pengembangan Komunitas Sekolah

  1. Membangun kemitraan dengan komunitas lokal, organisasi lingkungan, dan pemerintah daerah untuk mendukung program Adiwiyata dan pembelajaran berbasis lingkungan.

  2. Mengembangkan karakter siswa yang berintegritas, bertanggung jawab, dan peduli terhadap isu global, seperti perubahan iklim dan pelestarian biodiversitas.

  3. Meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan Pembelajaran Mendalam dan nilai-nilai Adiwiyata melalui pelatihan berkelanjutan.

Contoh Implementasi

  • Kurikulum:
    Kemitraan dengan komunitas lokal, organisasi lingkungan, dan pemerintah daerah untuk mendukung program Adiwiyata dan pembelajaran berbasis lingkungan.

  • Kegiatan Ekstrakurikuler:
    Membentuk klub Adiwiyata untuk mengelola kebun sekolah organik atau mengadakan kampanye anti-plastik sekali pakai.

  • Fasilitas Sekolah:
    Menyediakan tempat pengolahan kompos, taman biodiversitas, dan fasilitas hemat energi sebagai sarana pembelajaran kontekstual.

  • Pembelajaran Mendalam:
    Mengajak siswa merancang solusi untuk mengurangi jejak karbon sekolah melalui pendekatan kolaboratif dan berbasis data.